Kamis, 19 Februari 2009

Hari Ini, Simulasi PAM Pemilu Digelar di PTC

Direncanakan, Jumat (20/2) pukul 15.00 WIT hari ini, Polda Papua akan menggelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2009 yang akan dipusatkan di Lapangan Papua Trade Center (PTC) Entrop, Jayapura Selatan.
Simulasi pengamanan pemilu ini, rencananya akan dihadiri langsung Kapolda Papua, Irjen Pol Drs FX Bagus Ekodanto, Pangdam XVII/Cenderawasih, KPU, Panwaslu dan instansi terkait dalam pelaksanaan pemilihan umum legislatif dan presiden tersebut.
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Pol Drs Agus Rianto membenarkan rencana Polda Papua menggelar simulasi pengamanan pemilu tersebut. 'Ya, rencananya akan digelar pukul 15.00 wit di PTC,' ujarnya dihubungi Cenderawasih Pos, Kamis (18/2) kemarin.
Simulasi pengamanan pemilu yang digelar ini, jelas Agus Rianto, bertujuan untuk menunjukkan kesiapan Kepolisian Daerah Papua untuk mensukseskan dan mengamankan pelaksanaan pemilihan umum baik legislatif maupun pemilu presiden yang akan digelar dalam waktu dekat ini.
"Ini untuk memperlihatkan kesiap-siagaan Polri dalam mengamankan pelaksanaan pemilu,' ungkap Kabid Humas.
Latihan simulasi PAM Pemilu ini meurutnya telah dilaksanakan 10 Februari di Lapangan Brimob Polda Papua, Kotaraja dan Lapangan PTC Entrop. Mulai dari pengamanan di TPS, termasuk mengantisipasi unjuk rasa yang anarkis, peragaan atau simulasi adanya penyanderaan ketua KPU hingga penjinakan bom.
Seperti yang terlihat Kamis (19/2) kemarin, tampak ratusan petugas, termasuk Brimob dikerahkan dalam latihan simulasi pengamanan pemilu tersebut, bahkan terdengar 2 kali terjadi ledakan bom cukup keras di Lapangan PTC Entrop, Jayapura Selatan tersebut. Polda Papua sendiri, 7 hari menjelang hari pencoblosan, akan melakukan pergeseran pasukan (serpas) sekitar 600 personel ke daerah-daerah dalam membantu polres jajarannya di wilayah hukum Polda Papua yang meliputi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar