Senin, 23 Februari 2009

Persipura Ambisi Curi Poin

JAYAPURA-Meraih point menjadi target bagi Persipura Jayapura saat menghadapi Persela Lamongan di Stadion Surajaya, Lamongan, Senin (22/2) malam nanti.
Apalagi, kondisi seluruh pemain Persipura dalam keadaan siap tempur, melakoni pertandingan di Kota Soto Lamongan tersebut. "Puji Tuhan, kondisi anak-anak baik. Bahkan sudah mencoba lapangan dan berjalan dengan lancar kemarin,' kata sang Pelatih, Jackson F Tiago ketika dihubungi Cenderawasih Pos via telepon selulernya, semalam.
Bahkan, dalam ujicoba lapangan Surajaya kemarin, tidak ada pemain yang cedera dan dalam performa yang baik dan siap tempur. Edu Ivakdalam dkk juga diharapkan mampu meraih point.
Dasarnya, pada pertandingan nanti malam Persipura memiliki tiga pilihan. Jika menang dipastikan akan meraih puncak klasemen sementara, jika seri akan tetap naik, tapi hanya di peringkat dua. Sedang kalah, posisinya akan tetap di peringkat tiga. "Tentu kita ingin menang agar bisa ke puncak klasemen," ujar Jackson, usai memimpin uji lapangan tim asuhannya di Stadion Surajaya kemarin sore.
Untuk mewujudkan ambisinya, Jackson akan menumpahkan kemampuannya untuk memanduk anak asuhnya selama pertandingan. Semua pemain dipompa untuk bermain maksimal hingga titik darah penghabisan. Ini dilakukan karena dia tahu persis Persela bukan tim kacangan.
Tapi, sebuah tim kesebelasan yang seringkali bikin kejutan juga. "Untuk itu tim kita sudah siap. Kondisi tim sangat kompak dan enjoy. Anda bisa lihat sendiri suasannya. Hanya, lapangan kelihatannya kurang bagus,"tuturnya.
Meski di berbagai pertandingan, Persela Lamongan di bawah sang pelatih M Basri belum pernah kalah saat bertanding menghadapi lawan-lawannya di Stadion Surajaya yang merupakan stadion kebanggaannya ini, namun Jackson F Tiago tidak mau terpengaruh dengan rekor lawan tersebut.
Apalagi, sang pelatih mengaku sudah mempunyai berbagai pertimbangan dan strategi untuk menghadapi Persela Lamongan dalam pertandingan kali, di samping telah mengetahui kekuatan lawan.
Tentang strategi untuk menghadapi Persela Lamongan ini, Jackson F Tiago tampaknya tidak berkomentar banyak, namun yang jelas pihaknya akan menjelaskan strategis menghadapi Persela itu kepada sang Kapten Eduard Ivakdalam dkk. "Ada beberapa hal yang menjadi catatan saya dan nanti saya jelaskan kepada anak-anak dalam meeting besok, bagaimana cara bermain yang disiapkan dengan baik," ujarnya.
Persela Lamongan sendiri tentu juga berambisi untuk terus mempertahankan rekor tidak terkalahkan saat main di kandang. Bahkan bisa jadi dapat mencuri poin dari lawannya.
Meski demikian, Jackson mengakui bahwa untuk meraih poin di kandang Persela Lamongan, pihaknya tetap akan mengandalkan kerjasama tim.
Soal kekuatan lawan? Jackson menilai bahwa Persela Lamongan merupakan tim kuat dan perlu diwaspadai . Apalagi, Laskar Joko Tingkir, julukan bagi Persela Lamongan memiliki 2 pemain sayap yang sangat hidup dan mampu memberikan umpan yang membahayakan gawang lawan, termasuk peran Alex Robinson, salah seorang pemain asing yang dimiliki Persela Lamongan tentu menjadi perhatian khusus bagi Persipura Jayapura.
Alex Robinso sendiri sering melakukan gerakan tusukan ke tengah lapangan dengan melakukan aksi solorun dan mampu memanfaatkan bola mati dengan baik.
Pemain lainnya yang perlu diwaspadai, adalah Dicky Firasat dan Ucok Batubara serta Jimmy Suparno.
"Bukan satu pemain saja yang diwaspadai, tapi kinerja mereka," katanya.
Apakah Persipura akan menurunkan pemain lapis dalam menghadapi Persela Lamongan kali ini? Seperti pernyataan pengamat bola, Nico Dimo yang meminta sang pelatih untuk menurunkan pemain lapis dua yang selama ini dibangku cadangkan seperti Tinus Pae dan Ardiles Rumbiak, Jackson mengatakan diriya akan melihat besok, apakah akan diturunkan atau tidak.
Hanya saja, Jackson menyatakan bahwa pihaknya memiliki program yang jelas dalam pertandingan Liga Super Indonesia tahun 2009 ini, apalagi pertandingan kali berbeda dengan sebelumnya, dimana dalam kompetisi pada babak 8 besar bisa saja melakukan spekulasi.
Di samping itu, dirinya juga membutuhkan kepastian terhadap tim, karena semua poin sangat penting bagi Persipura Jayapura. "Ini kompetisi penuh, berbeda sebelumnya, dimana jika gagal pada pertandingan pertama dan kedua masih ada peluang, namun dalam system penuh ini saya tidak bisa melakukan eksperimen. Kita harus pasti dan konsisten," tandasnya.
Sementara itu dari Lamongan dilaporkan, Persela Lamongan tidak keder dengan ancaman Persipura Jayapura. Seganas apapun tim kesebelasan berjuluk Mutiara Hitam itu tampil demi memenuhi janjinya akan membuat kejutan pada pertandingan lanjutan putaran II kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2008/2009 di Stadion Surajaya Lamongan nanti malam, Persela siap meredamnya. Bahkan, tim besutan pelatih asing Jackson F Tiago itu harus ditaklukkan.
"Biar saja mereka berambisi setinggi langit. Tapi, kita yakin mengalahkannya. Kita harus menang, apalagi bermain di kandang. Lihat saja besok (nanti,Red) malam. Tentu, keinginan ini harus didukung bersama," kata pelatih Persela M. Basri di sela-sela memimpin anak asuhnya di stadion Surajaya kemarin (22/2) sore.
Bagi Basri, Persipura tidak perlu ditakuti. Kemampuannya sama dengan tim peserta ISL yang lain. Kalaupun tim asal Pulau Cendrawasih itu kini berada di posisi papan atas klasemen sementara, itu karena banyak diuntungkan pada putaran I. Tepatnya saat pertandingan di bulan puasa.
"Jadi, tidak ada sebutan tim besar di ISL ini. Semua memiliki peluang sama, dan Persela peluang lebih besar itu ada di tangan kita sekarang ini," imbuhnya.
Optimisme Basri tim asuhannya mampu meredan bahkan menaklukkan Persipura bukan didasarkan kesiapan Jimmi Suparno dkk. Pada persiapan terakhir, tim kesebelasan kebanggaan warga Lamongan ini dinyatakan dalam kondisi siap tempur. Bahkan, mental dan semangat bertanding yang dimiliki pemain kini sedang dalam puncaknya.
Absennya Marcio Souza da Silva dan Sukadana tidak terlalu menjadi beban tim. Pemain alternatif yang bakal diturunkan untuk mengisi posisi dua pemain andalan itu dinyatakan suda siap. Bahkan, barisan depan sudah menemukan jalinan kerjasama yang pas. Untuk ini Basri juga sudah memanggil Charlie?sapaan akrab striker anyar Persela Carlos Raus Scucati. ****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar